Message

Terjemahan

Terjemahan
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
~ ~ Berbagi Asa Cinta Sesama ~ ~ ~ Berbagi Asa Cinta Sesama ~ ~

Sunday 23 June 2013

Istilah - istilah dalam Dunia BUS




BUMEL


Istilah : Bumel Definisi : Bis dengan kelas ekonomi, harga paling murah dari seluruh kelas. Konfigurasi tempat duduk biasanya 2 – 3. Biasanya tidak ber-AC, tetapi ada beberapa PO yang memberikan fasilitas ini gratis. Contoh : “yuk kita naek bumel aja, biar murah”

LOB

Istilah : Lob Definisi : Adalah istilah para Driver jika,pada kondisi jalan menurun Driver tidak menyentuh/menggunakan rem .Tapi biasanya Driver tersebut memang sudah hapal/mengenal situasi dan kondisi jalan tersebut. Contoh : -


GUNTING

Istilah : Gunting Definisi : Istilah bagi kernet / kondektur bis untuk meminta ongkos dari penumpang. Contoh : “itu penumpang dah di gunting belum tuh….!”

KLOK

Istilah : Klok , Mesin Klok Definisi : – Terdapat kerusakan pada bus di bagian mesin sehingga harus turun mesin – Mesin mati total

KRESS

Istilah : Kres Definisi : Bersimpangan, bersilangan atau berpapasan dengan bus (atau kendaraan lain) dari arah berlawanan. Kadang digunakan juga untuk memberitahu adanya kendaraan lain dari arah berlawanan ketika akan menyalip. Contoh : “Nanti di sekitar Cirebon kita kres sama mobilnya Pak A” “Awas, kres” ============================================ Nambahin “kres” maksudnya bersilangan / simpangan dg bus dari [...]

Blong/Ngeblong

Istilah : Blong, Ngeblong Persamaan : Bola Tanggung Definisi : 1. Mendahului kendaraan dengan memaksa padahal dari jalur berlawanan ada kendaraan. 2. Menerobos lampu merah. 3. Mengambil jalur yang bukan miliknya, biasanya di jembatan. 4. Tidak masuk ke terminal (yang seharusnya masuk). 5. Berangkat ke tujuan tanpa penumpang ( ada yang bilang “nglondang” ) .. [...]


Bola Tanggung


Istilah : Bola Tanggung Persamaan : Blong, Ngeblong Definisi : Posisi ketika tanggung, antara mau menyalib kendaraan di depannya atau mengerem di belakang kendaraan didepannya, kebanyakan yang terjadi adalah kendaraan memaksa untuk menyalip.

Slah/selah/ngeslah


Istilah : Slah / Selah / Ngeslah Definisi : Slah / Selah diambil dari kata celah, atau dari bahasa jawa “sela”, yang artinya jarak atau celah, diartikan sebagai jarak antara bis depannya dan bis nya sendiri dan (atau) bis di belakangnya. Ngeslah adalah ketika mencoba mencari celah jarak yang cukup bagus (atau lama) untuk mendapatkan [...]

Tem/ngetem

Istilah : Tem, Ngetem Definisi : Tem merupakan tempat berhenti bis, biasanya tempat dimana banyak calon penumpang. Ngetem merupakan tindakan bis berhenti menunggu penumpang.

Nyodok

Istilah : Nyodok Persamaan : Ngeblong Definisi : 1. Tidak ikut dalam antrian, langsung menyodok ke depan. 2. Memaksa mendahului mobil di depannya (seperti ngeblong)

Perpal

Istilah : Perpal Definisi : Bis tidak (jadi) berangkat. ===================================================== PERPAL : Bus yang tiba ke kota Tujuan tetapi tidak harus berangkat kembali pada hari yang sama dan harus nunggu besok dikarenakan sesuatu hal, misalnya: tidak ada penumpang, rusak (engine), habis jadwal, macet parah, dsb.. ====================================================== perpal=posisi stand by atau keadaan gak operasional mgkn karena [...]

Rata bangku

Istilah : Rata Bangku Definisi : Kondisi ketika bangku bis semuanya terisi, tetapi belum sampai ada penumpang berdiri.

Sewa

Istilah : Sewa Sewa Cair Sewa Batu Definisi : Sewa: Istilah untuk menyebut Penumpang Sewa Cair: Penumpang jarak dekat. Paling diminati oleh bis kota. Sewa Batu: Penumpang yang naik dari awal tujuan hingga akhir tujuan. Istilah ini lebih sering digunakan pada bis kota / bis bumel Untuk bis pariwisata, sewa bisa diartikan sebagai menyewa bis.

SPJ

Istilah : SPJ Definisi : SPJ (Surat Perintah Jalan) Dokumen yang dipegang oleh kru, dikeluarkan oleh kantor, sebagai bukti penunjukan kerja, sekaligus didalamnya terdapat data yang perlu diisi untuk evaluasi kerja. Contoh :

Timer

Istilah : Timer Definisi : Orang yang mencatat waktu bis lewat di tempatnya. Timer ini berguna sebagai penanda berapa lama jarak (slah / selah) yang dimiliki oleh bis nya, bis di depannya, bahkan bis lebih depannya lagi.

Teler

Istilah : Teler (dibaca persis seperti “teler” yang berarti mabuk) Definisi : 1. Kejadian ketika bis harus melakukan perjalanan yang sebenarnya bukan trayeknya, karena beberapa alasan. 2. Keadaan pengemudi ketika diharuskan mengemudi ekstra karena terjadinya perubahaan pada trayeknya, karena beberapa alasan.

No comments:

Post a Comment